Friday, August 28, 2009

BATIK TULIS SENDANG

gambar di sebelah ini diambil dari putra_lamongan.blogspot.com











BATIK TULIS SENDANG, selayang pandang

Batik Tulis Sendang merupakan karya seni original yang bernilai tinggi. Dikerjakan oleh tenaga terampil dengan desain pilihan dan juga melayani desain atas pilihan anda.

Salah satu pengusaha Batik Tulis Sendang ini adalah Bapak Harsono. Beliau telah mengabdikan dirinya berpuluh tahun dalam menekuni produk batik tulis ini. Beliau menjalankan usahanya di Desa Sendangduwur, Kec. Paciran, Lamongan. Desa Sendangduwur termasuk salah satu desa keramat karena ada Makam Sunan Sendang yang banyak dikunjungi para peziara dan wisatawan rohani.

Fungsi utama pakaian sebagai penutup aurot, ternyata dalam perkembangan budaya modern mempunyai makna yang lebih dalam. Diantaranya mempengaruhi estetika, prestise dan kondisi kultural dari peradaban manusia. Orang akan tampil beda dengan penampilan melalui busana yang dikenakan.

Watak artistik ini mendorong penciptaan tekstil lebih mengutamakan unsur ragam hiasan dari pada fungsi awalnya sebagai pelindung badan. Kain polos dianggap belum sempurna sebagai bahan sandang karena tidak menyampaikan pesan artistik Pada hari-hari besar, resepsi-resepsi, hari-hari istimewa orang cenderung mengubah penampilannya dengan memakai busana dengan desain tertentu. Dengan penampilan pakaian yang berbeda itu, martabat orang akan terangkat sesuai dengan nilai-nilai budaya yang sedang berkembang. Gejala sosial ini ditangkap perancang grafis batik dan bordir Sendang Lamongan dengan mencari kreasi dan inovasi baru baik motif, corak maupun jenis kain dasarnya sehingga dapat mengikuti selera pasar.

Di Desa Sendangduwur dan Desa Sendangagung Lamongan terdapat ratusan pengrajin batik Sendang. Salah satunya adalah Pengusaha Batik Bapak Harsono yang telah mengabdikan dirinya untuk mengembangkan BATIK TULIS SENDANG ini.

Dengan dibangunnya obyek wisata berskala internasional Jatim Park II - WBL Tanjung Kodok yang berlokasi bersebelahan Desa dapat menjadi etalase dan pintu gerbang pengembangan promosi, produksi dan pemasaran dengan dunia luar. Potensi Desa ini dapat berkembang menjadi kawasan sentra industri kerajinan batik.

Batik Tulis Sendang Lamongan merupakan sebuah seni yang memadukan dekorasi dan seni rupa pada kain. Motif dan corak batik bukanlah sekedar hiasan belaka, tetapi mengandung arti sejarah dan budaya.

Kekuatan dan keunggulan desain tekstil tradisional teletak pada nilai simbolik atau nilai ritual. Para perancang motif dan pembatik menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan cara simbolik, termasuk kostumnya dengan desain tekstil. Simbol itu terekspresikan lewat bentuk, motif dan warna, dan ternyata memiliki nilai estetika yang tinggi. Disana ada goresan hati, sketsa jiwa dan warna­warni kehidupan. Motif dan corak batik hakekatnya dapat menjadi sebuah cermin jiwa perancang dan pemakainya.


Bapak Harsono bisa dihubungi di no. 085655458121


CONTOH-CONTOH BATIK SENDANG :



1.Jenis kain ini sesuai untuk kemeja maupun setelan kebaya dan bawahan.



2. Jenis ini juga bagus untuk kemeja dan setelan kebaya dan bawahan.


3. Ini adalah contoh yang lain dari batik tulis sendang .Cocok untuk setelan kebaya dengan bawahan maupun bawahan saja.


4.Ini adalah contoh kain selendang. Bisa juga dipakai untuk atasan maupun bawahan.


5. Ini adalah contoh batik tulis sendang yang cocok dipakai untuk kemeja,kebaya maupun bawahan


4 comments:

  1. Batik Sendang merupakan salah satu mahakarya terindah warisan Sunan Sendang, yang hidup pada abad ke-16 M di Desa Sendang Paciran Lamongan. Bertahun tahun masyarakat sekitar, terutama yang perempuan bekerja sebagai pembatik sementara yang laki-laki sebagai pengrajin emas.

    Selama itu, membatik dilakukan sebagai pekerjaan sampingan di dapur karena pasarnya yang menyempit di kalangan elit lokal. Namun sejak tahun 1990-an, berkat usaha keras Hj Sumikah dan HM Ishaq Basyir, menembus pasar di Surabaya dan Jakarta, roda ekonomi masyarakat Sendang dari Batik dan Bordir bergerak pesat hingga pemilik UD Cahaya Utama tersebut dianugerai Hadiah Upakarti dari Presiden Soeharto atas kerja kerasnya menjadikan Batik dan Bordir Sendang sebagai kerajinan massal warga setempat.

    Kini, Batik dan Bordir Sendang yang diproduksi di kampung itu kembali memasuki jalur pemasaran modern via off-online store dengan tetap mempertahankan harga kampung.

    Pembukaan jalur pemasaran terbaru ini dilakukan putri bungsu pasangan HM Ishaq dan Hj Sumikah, Sifwatir Rif’ah,SE yang sejak tahun 2005 terlibat dalam berbagai pameran batik baik dalam Gelar Batik Nasional dan Ina Craft di Jakarta Conventin Center (JCC), Pameran Produk Indonesia di Jakarta Expo Kemayoran maupun di berbagai pameran di Deperindag RI dan lainnya.

    * Pak Harsono adalah salah seorang mantan karyawan HM Isha1- Hj Sumikah, yg kini sudah bisa membuka usaha sendiri. Sementara anak-anak Hj Sumikah juga mulai mengembangkan Batik Sendang.

    ReplyDelete
  2. Salah seorang anak HM Ishaq- Hj Sumikah yang biasa mewakili UD Cahaya Utama dalam pameran di JHCC, Pekan Raya dan Deperindag adalah Sifatirrif'ah, SE. Mantan dosen Perbanas Surabaya ini membuka toko batik online di www.facebook.com/batiksendanglamogan

    ia juga bisa dikontak di 0817 030 99 000

    ReplyDelete
  3. saya juga seorang praktisi dibidang pencelupan batik sendang bisa hub email abasyahrul@gmail.com

    ReplyDelete